Meski sudah memiliki market dan pelanggan tetap secara offline sejatinya sebuah bisnis di era sekarang ini harus tetap menjaga dan menjaring market dan pelanggan “online” Anda. Terlebih UMKM (Usaha Micro Kecil dan Menegah) untuk menjaga aset digital dan pasar “digital Anda.

BACA JUGA:  Designing for Appropriate Interaction

Banyak alasan yang muncul ketika membahas tentang website padahal diawal sudah sempat dibahas seberapa penting peran website untuk usaha yang kita jalani.

Nah sekarang kita berikan kembali manfaat secara mendetail tentang manfaat memiliki WEBSITE khususnya untuk Anda UMKM. Tapi sebelum itu ingat ya! ASTURIPROJECT.com memiliki promo selama setahun dengan layanan.

BACA JUGA:  Kenapa Harus Wordpress?

Yuk kita bahas satu per satu.

Pertumbuhan Pengguna Internet yang Kian Massif

Tahukah Anda? Menurut data BPS jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahun selalu meningkat secara signifikan. Terutama setelah dicetuskannya proyek Palapa Ring yang mampu menjangkau lebih banyak kota di daerah perbatasan.

BACA JUGA:  Mengenal Berbagai Macam Layanan Hosting

Dengan berbekal data tersebut rasanya sangat masuk akan bagi para pelaku UMKM untuk mulai merambah pasar digital jika bisnisnya ingin tetap relevan.

Meminimalisir Kehilangan Market

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kehilangan market adalah kecenderungan pengguna yang mulai nyaman dengan ekosistem digital. Mulai dari jasa transportasi online, pesan makanan secara online, transaksi online, hingga belanja kebutuhan secara online.

BACA JUGA:  Membuat Bisnis Plan, Penting Gak Sih?

Jika bisnis Anda tidak menyesuaikan dengan kebiasaan ini, maka bersiaplah untuk kehilangan potensi pendapatan dari konsumen yang semakin dimanjakan dengan kemudahan akses online.

Untuk Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Alasan pertama yang mendasari para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) agar memanfaatkan ekosistem digital adalah demi memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sejak dari dulu memang menjadi kendala utama bagi bisnis kecil.

[wpcd_coupon id=4292]

Namun, saat ini hal tersebut sudah bisa di minimalisir berkat kehadiran sosial media serta website yang jangkauan pemasarannya bisa menembus batasan marketing tradisional.

Menjadi Lebih Profesional

Dengan go digital UKM tidak hanya berpotensi meraup lebih banyak pelanggan, tapi juga mulai memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Walaupun masih menyandang status UKM bisnis Anda akan mendapatkan nilai lebih dari calon pelanggan jika sudah memiliki sosial media dan website sebagai media pemasaran.

Lantas, siapkah Anda untuk menjadi pelaku bisnis yang lebih profesional?

Biaya Operasional Lebih Rendah

Nah, salah satu manfaat go online yang paling menyenangkan adalah bisa menekan biaya operasional. Bagi para pelaku UMKM biaya operasional seperti sewa kios, workshop, serta pemasaran offline tentu sangat memberatkan.

BACA JUGA:  Tips Sederhana Mempercepat Loading Speed WEBSITE

Dengan go digital para pegiat UMKM bisa lebih menghemat modal karena tidak harus meiliki toko fisik agar produk bisa dikenal. Pasalnya, saat ini website sudah bisa menjadi semacam showcase tempat calon konsumen berkumpul dan melakukan transaksi pembelian.

Budget Pemasaran Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan

Siapa bilang pemasaran digital harus mengeluarkan banyak uang? Pada prinsipnya budget pemasaran digital justru lebih transparan dan akuntabel dibandingkan metode pemasaran offline yang memerlukan waktu serta tenaga ekstra.