fbpx
ilusterasi server/ ColossusCloud/pixabay

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal Cloud Hosting atau Shared Hosting. Sebenarnya ada beberapa jenis hosting yang ada dan bisa Anda pilih sesuai dengan keperluan.

Tapi sebelum kita ketahap penjelasan, perlu diketahui jika Hosting itu ibarat flasdisk yang berfungsi untuk menyimpan seluruh data yang ada di website Anda.

Hosting itu terbuat dari komputer yang terhubung dengan server. Hosting juga ada dua pilihan yakni gratis (free hosting) dan hosting berbayar (paid hosting).

BACA JUGA:  Bosan di Rumah? Coba Nge-Blog Yuk?

Semua bisa dipilih sesuai dengan keperluan. Jika hosting free bisa dipilih dari wordpress, blogspot, wix dan sebagainya.

Sedangkan untuk berbayar cukup banyak tersedia di Indonesia khususnya salah satunya adalah Balihoster.com. Yuk langsung kita bahas apa saja jenis layana hosting yang ada versi ASTURIPROJECT.com

BACA JUGA:  Fungsi dan Pengertian SSL Pada Website

1. Shared Hosting
Jenis hosting ini tergolong paling standar dengan harga yang cukup terjangkau. Shared Hosting digunakan oleh banyak website sehingga penyedia layanan shared hosting akan memberikan peraturan yang cukup ‘ribet’ kepada pembeli.

Tidak saja berbagai space, Shared Hosting juga membagi CPU, RAM, penyimpanan, database dll kepada pengguna lain. Dan kekurangan lainnya adalah jika sat website mengalami gangguan biasanya mengalami kecendrungan terpengaruh ke website lain yang ada 1 server.

BACA JUGA:  Tips Memilih Nama Toko Online

Untuk layanan ini, Anda tidak perlu repot memikirkan hal teknis sebab Pengelolaan shared hosting ini full manage dari provider hosting.

2. Cloud Hosting
Cloud Hosting tergolong lebih aman jika dibandingkan dengan layanan Shared Hosting. Sebab jika mengalami kendala down maka server cloud lain akan membackup.

Provider hosting akan melakukan full memanage pada layanan ini sehingga Anda juga tidak perlu repot memikirkan hal teknis. Untuk harga, Cloud Hosting lebih mahal dari Shared Hosting.

BACA JUGA:  Apa itu CMS dan Apa itu Framework?

3. WordPress Hosting
WordPress Hosting ini diperuntukkan bagi mereka pengguna wordpress. Kelebihand ari WordPress Hosting adalah hosting yang sudah dioptimalkan untuk pengguna wordpress jadi lebih aman.

Kekurangan dari layanan ini adalah dari sisi harga yang lebih mahal dan tentunya hanya bisa digunakan untuk wordress saja.

BACA JUGA:  Kenapa Harus Memiliki Website?

4. Unlimited Hosting
Unlimited Hosting cukup bagus untuk Anda yang memerlukan hosting dengan kapasitas penyimpanan yang besar (tergantung pilihan yang disediakan oleh penyedia layanan).

Sebelum memutuskan untuk memilih layanan Unlimited Hosting, Anda perlu melihat jumlah inodes yang disediakan pada masing-masing paket.

BACA JUGA:  Mau Edit Video di Handphone? Gunakan Aplikasi Ini

5. Manage Hosting
Tidak beda jauh dari yang sebelumnya, namun Manage Hosting lebih murah sebab 1 server digunakan oleh banyak orang.

Dan perlu diketahui jika menggunakan layanan Manage Hosting, Anda tidak bisa menginstal aplikasi pada server hosting.

6. Unmanaged Hosting
Layanan Unmanaged Hosting ini khusus untuk yang sudah profesional sebab penyedia hanya memberikan akun hosting atau server saja sedangkan untuk pengelolaan dan setting dilakukan oleh user.

BACA JUGA:  Cara Mendaftar Adsense Untuk Website Langsung di Approvel

Sedangkan untuk harga bersifat opsional menyesuaikan dengan kebutuhan. Dan kelebihan dari layanan ini adalah kebebasan dalam setting dan penggunaan, provider tidak akan memberikan aturan khusus untuk penggunaan sebagaimana ditemukan pada layanan lainnya.

7. Virtual Private Server (VPS)
Layanan VPS adalah jenis hosting lebih tinggi dari Shared Hosting.

Dan perlu diingat jika cloud hosting, unlimited hosting dan juga WordPress hosting semuanya masuk dalam kategori shared hosting.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Iklan di YouTube (PC & Android)

VPS ini memiliki kelebihan yang mirip seperti Unmanaged Hosting. Pada VPS hanya menyimpan website Anda saja dan Server pada VPS bentuknya virtual, jadi dalam satu dedicated server dipecah menjadi beberapa VPS.

8. Dedicated Server
Dedicated Server adalah gabungan dari beberapa VPS. Layanan ini diperuntukkan bagi Anda yang sudah profesional sebab provider hanya menyediakan server sedangkan untuk proses setting dan lainnya ada di pihak Anda.

BACA JUGA:  Cara dan Struktur Menulis Artikel yang SEO Friendly

Sehingga untuk harga juga lebih mahal karena Anda sebenarnya menyewa 1 server khusus.

Jenis Hosting Harga Spesifikasi Tipe User Level
Shared Hosting Termurah Paling rendah Manage hosting Beginner
Cloud Hosting Murah Rendah Manage hosting Beginner
WordPress Hosting Standar Standar Manage hosting Beginner 
Managed Server Standar Standar Managed hosting Beginner
Unmanaged Server Tentatif Standar Unmanaged hosting Intermediate/advanced
VPS Mahal Tinggi Unmanaged hosting Intermediate/advanced
Dedicated Server Paling mahal Paling tinggi Unmanaged hosting Advanced

KESIMPULAN.

Jadi sekarang sudah tahu dan pahamkan tentang jenis layanan hosting yang ada. Jadi Anda bisa memilih layanan hostingsesuai dengan keperluan dan Anda juga bisa memilih hosting terbaik + termurah hanya di Balihsoter.com Jika Anda ingin membuat website silahkan kontak kami melalui wa.me/6285847009080

Yuk Ambil Promo or K
1
Ambil Promo or Konsultasi?
Hallow...
Ambil Promo or Konsultasi?