fbpx

Cara Merubah Password WordPress dari Cpanel

Lupa dengan password tentunya sangat membingungkan apalagi kalian tidak terlalu mahir dibidang backend system. Tentang saja, melalui tutorial ini ada dua cara yang bisa kalian lakukan ketika kalian lupa password khususnya yang memakai platform wordpress.

Dua cara ini diantaranya masuk melalui WP-Config.PHP atau bisa juga melalui PHPmyAdmin. Tidak susah dan tidak ribet untuk melakukan ini, step by step bisa dilakukan secara mandiri. Yuk langsung kita praktikkan saja…

BACA JUGA:  Tips Memilih Nama Toko Online

Ganti Password WordPress melalui WP-Config.PHP

Kalian cukup masuk ke cPanel, kalau tidak ingat passwordnya silahkan masuk melalui client area. Kemudian pilih menu file manager >> Public_Html >> WP-Config.PHP

Setelah itu klik wp-config.php, Edit pada bagian atas halaman atau klik dua kali. Setelah itu halaman konfirmasi akan muncul pada layar.

Klik Edit untuk melanjutkan. Karena tujuan dari panduan ini adalah mengetahui nama database yang Anda gunakan, pastikan Anda tidak mengubah apapun.

BACA JUGA:  Apa itu Open Source, dan Penjelasan Lengkap Open Source

Kalian akan di bawa ke new window. Nah di sini, Temukan baris dengan format define ( ‘DB_PASSWORD’, ‘PASSWORD’);

Selesai.

Ganti Password WordPress melalui PHPmyAdmin

Kalian cukup masuk ke cPanel, kalau tidak ingat passwordnya silahkan masuk melalui client area. Kemudian pilih menu PHPmyAdmin.

Setelah di klik, silahkan tunggu sebentar hingga muncul gambar seperti dibawah ini. Terdapat beberapa database di dalam tampilan phpMyAdmin. Silahkan pilih database yang digunakan dalam website WordPress.

Setelah memilih nama database website, silahkan klik tabel user. Tabel user biasanya memiliki ciri khas yaitu wp_users (biasanya menggunakan kata “user”).

Tabel wp_users biasanya diawali dengan prefix database yang digunakan. Silakan disesuaikan dengan prefix database yang ada. Prefix database adalah awalan pada tabel yang digunakan untuk mengatur data. Setiap tabel pada database akan memiliki prefix yang berbeda.

Prefix database ini dapat kamu temukan pada file settings.php ketika pertama kali kamu melakukan cek nama database tadi. Misalnya pada panduan kali ini menggunakan prefix wpna. Jadi, silakan klik tabel wpna_usersIngat! Setiap user memiliki prefix yang berbeda-beda!

Silahkan klik tabel user tadi, lalu coba lihat beberapa username dan password yang tersedia. Pilih username yang ingin diubah, kemudian klik Edit.

BACA JUGA:  Penyebab Website Kena Hack

Kemudian pada kolom user_pass silahkan pilih MD5 lalu tulis password baru. MD5 ini sendiri bertujuan untuk melindungi password atau biasa dikenal dengan “hash password”. Setelah itu klik Go. Maka password anda telah berhasil diubah.

KESIMPULAN

Merubah password worddpress lewat cPanel tidaklah mudah tapi perlu ketelitian untuk melakukannya. Saran kami jika kalian masih mengalami kesusahan silahkan hubungi tempat kalian membuat website atau penyedia layanan hosting kalian.

Amankan Aset Digital Anda!
Coupon

Anda seorang pelaku usaha UMKM? Manfaatkan Kupon ini untuk memperkenalkan usaha Anda secara luas dan merambah pasar digital.

More Less
Yuk Ambil Promo or K
1
Ambil Promo or Konsultasi?
Hallow...
Ambil Promo or Konsultasi?