fbpx

Terkadang hal diluar dugaan sering terjadi seperti LUPA PASSWORD akun WORDPRESS misalnya tapi tidak sampai di sana, kalian bahkan lupa dengan alamat email pemulihannya.

Hal wajar sebagai manusia, jika kalian sedang dalam posisi seperti ini jangan panic, santai sejenak dan masuklah kea kun cPanel website kalian.

Lalu pilih atau cari pada kolom pencarian phpMyAdmin:

Cara ganti password melalui cpanel

Perlu diketahui jika phpMyAdmin merupakan tool yang powerful dan dapat memungkinkan kalian untuk melihat dan berinteraksi dengan database menggunakan software interface yang sederhana.

Di sini, kalian juga akan menemukan hampir semua data yang berkaitan dengan website kalian. Ketika sudah masuk ke halaman phpMyAdmin arahkan pandangan kalian di sisi kiri layar seperti gambar berikut ini:

Pada contoh di atas, kami menggunakan akun single hosting untuk banyak situs berbasis WordPress, dan karena itulah ada banyak item di daftar tersebut. Umumnya, hanya ada satu database pada daftar, dan ini harus kalian pilih.

Di layar berikutnya, kalian akan melihat semua tabel yang menyusun database di sebelah kanan. Sebagai contoh, ada tabel untuk komentar, postingan, dan bahkan user.

Lihat di sisi atas layar dan klik tab Export. Pada tab ini, Anda akan mengekspor konten database sebagai file SQL single. Setelah itu, klik Quick dan pilih opsi Go.

BACA JUGA:  Tingkatkan Domain Authority Maka TOP 10 Google Mudah Dicapai

phpMyAdmin aka mengunduh file ke komputer. Simpan file tersebut di folder yang aman. Backup ini berguna jika saat melakukan prose edit ada value yang salah sehingga database berubah.

Klik tab Structure di atas layar. Di sini Anda akan lihat tampilan semua tabel database. Cari tabel bertuliskan wp_users:

Pada contoh di atas, tabel Users kami memiliki nama yang sedikit berbeda dari nama yang telah kami sebutkan sebelumnya. Hal ini merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan oleh penyedia hosting pada saat setup database sehingga penjahat dunia maya susah untuk masuk ke database.

Daftar yang memuat semua user situs Anda muncul di layar berikutnya:

Catatan: kami menggunakan website uji coba sehingga kalian hanya melihat satu akun saja. Pada satu baris tersebut berisikan informasi terkait, termasuk username, password, dan email.

Password akun akan muncul di bawah kolom user_pass. Namun, value yang kalian lihat telah dienkripsi sehingga orang-orang yang punya niat jahat tidak bisa masuk ke database lalu menyalinnya. Dengan kata lain, value yang ada pada contoh di atas bukanlah password kami yang sebenarnya, melainkan value yang sudah dienkripsi.

BACA JUGA:  Membuat Bisnis Plan, Penting Gak Sih?

Meskipun dienskripsi, bukan berarti kalian tidak dapat mengganti password yang sebenarnya. Klik Edit yang ada di sisi kiri baris untuk user yang passwordnya ingin kalian ganti. Di layar berikutnya, terdapat kolom untuk semua value yang kalian lihat tadi, termasuk satu value user_pass:

Setelah itu, enkripsi password baru kalian. Tarik menu drop-down Function ke kiri di mana Anda memasukkan password baru, dan pilih opsi MD5:

MD5 adalah algoritma yang digunakan WordPress untuk mengenkripsi password Anda. Jika semuanya sudah selesai, klik opsi Go yang ada di sudut kanan bawah layar. Perubahan yang Anda lakukan akan tersimpan.

Jika tabel wp_users database dicek kembali, Anda akan lihat value baru yang telah dienkripsi di bawah kolom user_pass yang ditujukan bagi user Anda. Selesai!

KESIMPULAN

Kalian baru saja mempelajari cara mengganti password WordPress dengan phpMyAdmin!

Metode ini juga dapat kalian gunakan untuk mengubah password akun lainnya di website kalian. Namun, hal tersebut bukanlah suatu keharusan.

Singkatnya, mengganti password akun user lain dilakukan jika user tidak bisa masuk ke akunnya, dan mereka juga tidak punya cara lain untuk mengubah password.

Yuk Ambil Promo or K
1
Ambil Promo or Konsultasi?
Hallow...
Ambil Promo or Konsultasi?