Berikut ini adalah cara untuk melakukan Flush DNS cache di laptop atau komputer. Fungsi untuk melakukan Flush DNS ini adalah menghapus cache DNS yang telah kadaluarsa.

Di mana DNS cache adalah suatu database pada browser dan komputer yang berfungsi untuk menyimpan alamat IP dari web server yang sering dikunjungi.

BACA JUGA:  Situs Gratis untuk Belajar Coding

Cache DNS yang sudah usang akan menampilkan informasi yang salah dan tidak sesuai dengan informasi sebenarnya ketika Anda mengakses sebuah website.

Cara Flush DNS Windows

Buka Console Command Prompt Windows. Untuk memulai langkah flush DNS, Anda perlu mengakses Command Prompt terlebih dahulu. Anda dapat mengaksesnya melalui Run.

BACA JUGA:  Website untuk Branding Diri

Untuk melakukannya, silakan tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuknya. Kemudian, ketikkan cmd dan tekan OK atau Enter.

Setelah itu, maka akan tampil Command Prompt seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Flush DNS Menggunakan Perintah ipconfig /flushdns Perintah ipconfig /flushdns digunakan untuk menghapus cache DNS pada komputer Anda.

Silahkan ketikkan ipconfig /flushdns setelah c:\WINDOWS\system32> lalu tekan enter. Setelah itu ingat bersihkan juga Histori atau cache di browsher.

Selesai.