Apa itu Open Source, dan Penjelasan Lengkap Open Source

Banyak pertanyaan yang muncul terkait OPEN SOURCE dan apakah ini bagus atau tidak? Dan segala macam pertanyaan yang mengikutinya. Mari kita bahas yuk?

Open source adalah kode sumber atau kode dasar pada sebuah software yang biasanya tersedia untuk dimodifikasi dan dapat digunakan kembali oleh pihak lain. Kode open source merupakan bagian dari software yang sebagian besar pengguna tidak pernah melihat.

Siapa pun dapat memanipulasi dan mengubah software sehingga program atau aplikasi dapat bekerja. Programmer yang memiliki akses ke kode sumber program komputer dapat meningkatkan program dengan menambahkan fitur ke dalamnya atau memperbaiki bagian yang tidak selalu berfungsi dengan benar.

Apa Itu Open Source?

Ada dua jenis software. Salah satunya adalah software open source dan yang lainnya adalah proprietary software atau closed source softwareOpen source adalah ketika kode dasar yang membuat proyek terbuka bagi siapa saja untuk melihat, memeriksa kekurangan, dan beradaptasi untuk membuat versi baru.

Versi baru hanya dapat dibuat jika orang yang mengadaptasinya  membuat open source dan membuatnya tersedia untuk orang lain. Kebalikan dari software open source adalah proprietary software. Contohnya adalah Microsoft dan Apple.

Proprietary software mengandalkan kode untuk menghasilkan pendapatan sehingga tidak ingin orang-orang mencari-cari kode dan membuat versi baru secara gratis.

Banyak orang lebih suka software open source karena mereka tertarik pada kontrol lebih besar atas software jenis ini. Mereka dapat memeriksa kode untuk memastikan tidak melakukan apa pun yang mereka inginkan, serta mereka hanya dapat mengubah bagian-bagian yang tidak mereka sukai atau menambahkan bagian yang mereka sukai.

Pengguna software  umum yang bukan pemrogram juga bisa mengambil manfaat dari software open source karena dapat digunakan untuk tujuan apapun Umumnya programmer tidak dapat membebankan biaya uang untuk software open source yang mereka buat.

BACA JUGA:  #ONlinekansajadulu Usaha Anda

Banyak programmer software open source menemukan bahwa menagih uang kepada pengguna untuk layanan dan dukungan software daripada untuk software itu sendiri lebih menguntungkan. Dengan cara ini, software tetap gratis dan mereka menghasilkan uang dengan membantu orang lain untuk menginstal, menggunakan, dan memecahkan masalah.

Jadi open source software adalah mengacu pada kode program yang didistribusikan secara terbuka (termasuk kode yang tidak dikenai biaya) yang dapat digunakan dan dimodifikasi oleh pengguna tanpa batasan.

Analogi untuk mendeskripsikan open source adalah ibarat resep. Resep open source akan dipublikasikan yang berarti bahwa siapapun dapat mengetahui bahan dan instruksi, dan bahkan menyesuaikan resep untuk meningkatkan rasa hidangan.

Jika seseorang ingin mengetahui resep yang bukan “open-source,” maka mereka harus membayar lisensi untuk dapat menggunakannya. Selain itu, mereka tidak akan memiliki izin untuk memodifikasinya, apalagi mendistribusikannya.

Kekurangan open source

1.Butuh waktu untuk mempelajari produk.

Microsoft Word dan Open Office adalah dua opsi software dengan tingkat produktivitas serupa. Open Office adalah versi open source Word. Meskipun hasilnya serupa ketika membandingkan keduanya, bagaimana Anda dapat membuka kode membutuhkan beberapa langkah yang sangat berbeda.

Anda akan selalu membutuhkan waktu untuk mempelajari produk open source lebih lama terutama jika Anda belum begitu paham dengan peningkatan softwarenya.

2.Tidak ramah pengguna

Kekurangan lain dari sistem open source adalah tidak ramah pengguna. Seperti sistem operasi berbasis Linux yang sulit digunakan dibandingkan dengan sistem operasi Window. Paket dan software diinstal dengan mudah di Window tetapi di Linux agak sulit, Anda perlu menginstal melalui command line interface.

3.Masalah Kompatibilitas Perangkat Keras

Banyak hardware terbaru yang diproduksi tidak kompatibel dengan Linux. Oleh karena itu Anda harus bergantung pada pihak ketiga sebab setiap kali Anda membeli hardware dari vendor, Anda harus memastikan apakah memiliki dukungan untuk Linux atau tidak.

BACA JUGA:  Belajar CSS dan Apa Itu CSS, Blogger Wajib Tahu

 

Kelebihan Open Source

1.Gratis Untuk Digunakan

Manfaat terbesar menggunakan open source adalah bebas untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan. Biaya yang terkait dengan software open source sangat sedikit jika dibandingkan dengan proprietary software..

2 Dapat ditingkatkan secara konsisten

Siapa pun dapat mengotak-atik software open source untuk memecahkan masalah atau memperbarui produk. Anda dapat menambahkan fitur, menghentikan bug, dan memperbaiki serta meningkatkan software dengan cara lain, tanpa perlu mencari izin resmi.

3.Dapat menggunakannya sesuka Anda

Software open source tidak memiliki masalah hak cipta, masalah royalti, atau pembayaran lain yang terkait dengan penggunaannya. Anda dapat menggunakannya sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat menyesuaikan software agar sesuai dengan kebutuhan Anda jika diinginkan.

Contoh Open Source

  •  Sistem operasi Linux
  • Android oleh Google
  • Open office
  • Mozilla Firefox
  • Firefox browser
  • Pemutar media VCL
  • Moodle
  • ClamWin antivirus
  • Sistem manajemen konten WordPress

Seiring dengan kemajuan internet siapapun dapat menyusun aplikasi dalam waktu singkat dengan open source. Apakah Anda salah satu orang yang suka memodifikasi dan mengembangkan software?

Itulah akhir dari pembahasan terkait pengertian apa itu open source. Terlepas dari itu, jika saat ini Anda ingin membangung sebuah website atau landing page, ASTURIPROJECT.COM memberikan solusi dan segala kemudahan untuk Anda. Silahkan kunjungi asturiproject.com/landing-page atau asturiproject.com/website

HOT PROMO20%
Yuk Ambil Promo or K
1
Ambil Promo or Konsultasi?
Hallow...
Ambil Promo or Konsultasi?