Apa itu CMS dan Apa itu Framework?

Framework dari segi bahasa bisa diartikan sebagai sebuah kerangka kerja dan bisa juga berarti alat yang dipakai untuk membantu sebuah pekerjaan. Dalam urusan pembuatan website, framework ini bisa diartikan sebagai alat yang bisa dipakai untuk mempermudah pembuatan website.

BACA JUGA:  Perbedaan Blog Geratis dan Blog Premium

Jika dalam pembuatan website memakai CMS anda hanya perlu menjalankannya saja dan tidak perlu pusing dengan kode program, maka ini tidak terjadi ketika anda memakai framework. Saat menggunakan framework, anda masih harus menuliskan kode namun kode tersebut harus disesuaikan dengan lingkungan framework yang anda pakai.

Kosekuensinya, anda harus belajar tentang lingkungan pengembangan berdasarkan framework yang anda pakai. Meski begitu, semuanya akan terbayar sesuadah anda berhasil menguasai dan memakai framework tersebut.

BACA JUGA:  Mau VPS Hosting atau Shared Hosting.

CMS atau Content Management System merupakan  sebuah software berbasis web yang dipakai untuk mengelola konten pada sebuah web. Contoh dari CMS yang sangat banyak digunakan sekarang ini adalah WordPress dan juga Joomla.

CMS dibuat memakai banyak bahasa pemrograman seperti Personal Home Page [PHP yakni bahasa pemrograman script paling banyak dipakai sekarang ini], Hypertext Markup Language [HTML yakni bahasa yang dipakai untuk membuat halaman web].

Perbedaannya Apa?

Jika masih bingung dengan pengertian framework atau CMS dan manakah yang lebih baik dari keduanya, maka ulasan singkat yang akan kami berikan berikut mungkin bisa sedikit membantu anda untuk memahami tentang keduanya.

Untuk CMS lebih cenderung pada pemenuhan kebutuhan membangun aplikasi secara instan. Ketika CMS diinstal, ditambah modul, plugin, komponen dan lain sebagainya, maka anda bisa langsung mengatur isi aplikasi sesuai dengan keperluan anda tanpa harus pusing dengan kode kecuali jika memang anda menemukan bugs di komponen atau modul tertentu.

BACA JUGA:  Mengenal Black Hat Seo Instagram dan Digital Marketing

Sedangkan Framework merupakan dasar aplikasi yang berarti anda tetap harus menulis kode program, merumuskan kebutuhan user, model basis data, merancang aplikasi dan juga mendesain tampilan.

Jika memang harus memilih antara framework atau CMS, maka jawabannya akan tergantung dari fitur apa sajakah yang ada di dalam website tersebut dan juga berapa banyak waktu yang tersedia. Untuk itulah, pilihan yang terbaik bisa disesuaikan dengan kondisi serta waktu yang anda punya.

Manfaatnya Apa?

Dari pendapat banyak orang yang menggunakan framework mengatakan jika penggunaan framework membuat pengerjaan coding semakin mudah. Selain itu, anda juga bisa lebih menghemat waktu kerja serta penulisan kode yang panjang serta lebih mudah untuk mengatur kode kode berkas yang bisa disusun sesuai dengan struktur yang ditawarkan framework.

Memakai framework sangat berbeda jika dibandingkan dengan memakai CMS baik yang berbayar atau gratis. Untuk beberapa CMS yang bisa anda gunakan diantaranya adalah Drupal, WordPress, Mamboo, PhpBB, Atutor, ZendChart dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Belajar CSS dan Apa Itu CSS, Blogger Wajib Tahu

Biasanya pemakaian CMS ini lebih kepada pemenuhan kebutuhan pengadaan aplikasi secara instan. Ketika CMS sudah diinstall, ditambah dengan modul, plugin, komponen dan beberapa hal lainnya, maka anda sudah bisa langsung mengatur isi dari aplikasi sesuai dengan kebutuhan tanpa harus berurusan dengan kode.

Sedangkan jika anda memilih memakai framework sebagai dasar aplikasi, maka mengartikan jika anda harus menulis kode program, merumuskan kebutuhan klien, memodelkan basis data, merancang aplikasi dan juga tampilan desainnya.

Lalu, apakah berarti framework lebih aman dibandingkan dengan CMS?, jawabannya adalah belum tentu sebab ada juga CMS yang bagus dari segi keamanannya.

BACA JUGA:  Cara Mendaftar Adsense Untuk Website Langsung di Approvel

Untuk itu ketika anda harus memilih antara framework atau CMS, maka jawabannya sangat tergantung dari fitur apa saja yang harus ada dalam website tersebut dan berapa banyak waktu yang tersedia. Jadi, tidak masalah jika anda memilih framework atau CMS sebab keduanya memiliki kegunaan masing masing dan dibangun juga karena sebuah alasan.

Begitu juga dari sisi harga dan durasi pengerjaan yang mana menurut masing-masing tim, CMS relatif lebih terjangkau dan cepat sedangkan framework dari sisi harga relatif lebih mahal dan memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama. Sedangkan dari sisi keamanan keduanya sama-sama memiliki tingkat keamanan yang baik.

Jadi sekarang tahukan mana yang harus dipilih? Ingat untuk keperluan jasa webdevelopment kunjungi www.asturiproject.com sebab sepanjang tahun 2020 ini asturiproject.com mengadakan promo menarik.

Yuk Ambil Promo or K
1
Ambil Promo or Konsultasi?
Hallow...
Ambil Promo or Konsultasi?